Rumus Excel Membantu Meringankan Tugas Anda

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang fungsi-fungsi atau rumus Excel yang tersedia pada Microsoft Excel 2013.  Salah satu keunggulan dari Microsoft Excel adalah tersedianya fungsi/rumus-rumus  yang dapat  digunakan dalam menyelesaikan berbagai macam permasalahan perhirumus excel-1tungan/komputasi, terutama bagi anda yang ingin menyelesaikan laporan yang membutuhkan sistem analisis dan perhitungan-perhitungan dalam jumlah besar.

Dengan adanya fungsi ini tentunya akan  menghemat waktu dan mempermudah anda dan para pengguna Excel lainnya dalam menyelesaikan berbagai persoalan perhitungan kuantitatif. Fungsi pada Excel untuk mengolah data statistika, matematika, engineering, tanggal, keuangan, database, finansial dab lain sebagainya.

Fungsi yang ada pada Excel 2013 terdapat pada menu Formulas di ribbon yang mudah untuk digunakan. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai fungsi-fungsi pada Microsoft Excel 2013, pada artikel selanjutnya saya membahasnya lebih jauh tentang fungsi-fungsi tersebut, mudah-mudahan dapat bermanfaat nanti untuk anda.

fungsi excel

Fungsi-fungsi yang Terdapat Pada Microsoft Excel

Ada 14 kategori Fungsi Excel (dalam bahasan kali ini saya hanya tampilkan 11). Kategori-kategori ini memiliki fungsi yang berbeda. Terdapat lebih kurang 450 fungsi pada Excel, berikut ini saya akan terangkan sekilas tentang fungsi yang terdapat pada Microsoft Excel:

  1. Fungsi finansial (financial functions)

Fungsi finansial banyak digunakan untuk perhitungan finansial dan keuangan seperti menghitung angsuran pinjaman dan bunga bank.

  1. Fungsi logika (logical functions)

Fungsi logika ini sering digunakan digunakan untuk melakukan test logika, dengan kriteria dan persyatan tertentu yang diinginkan.

  1. Fungsi teks (text functions)

Fungsi teks ini biasanya untuk memberikan info tentang teks yang terdapat pada sel.

  1. Fungsi tanggal dan waktu (date and time functions)

Fungsi tanggal dan waktu  ini digunakan untuk  perhitungan waktu – detik, menit, jam, hari, bulan dan tahun.

  1. Fungsi pencarian dan referensi (lookup and reference functions)

Fungsi lookup, fungsi ini dapat memanggil atau menampilkan data atau kumpulan data berdasarkan kriteria tertentu dari suatu tabel, sesuai dengan kondisi yang diinginkan.

  1. Fungsi matermatika dan trigonometri (math and trigonometry functions)

Termasuk dalam fungsi matematika adalah operasi penambahan, pengurangan, menghitung pembulatan angka, akar, pangkat, sinus, sudut dan banyak lagi. Jika anda membutuhkan perhitungan seperti ini maka anda memerlukan fungsi atau rumus matematika dan trigonometri.

  1. Fungsi statistic (statistic functions)

Fungsi statistik, penggunaan fungsi ini adalah untuk operasi/perhitungan statistik seperti menghitung  standar deviasi dan rata-rata.

  1. Fungsi rekayasa (engineering functions)

Fungsi rekayasa atau engineering biasanya digunakan oleh mereka yang bergelut pada bidang rekayasa/engineering dan juga matematika

  1. Fungsi kubus (cube functions)

Fungsi kubus ini berkaitan dengan proses pengembalian nilai agregat dari sebuah kubus.

  1. Fungsi informasi (information functions)

Fungsi informasi ini akan menampilkan informasi sel/range tentang format dan posisinya

  1. Fungsi kompatibilitas (compatibility functions)

Fungsi ini adalah pengembangan dari fungsi statistik, dimana fungsi ini memberikan tingkat keakuratan yang telah disempurnakan.

Penting!  Validasi Data; Memberi Validasi Data Pada Sell Tertentu

 

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menuliskan Fungsi pada Excel

Agar tidak terjadi kesalahan dalam menuliskan fungsi pada Microsoft Excel, perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Ketika anda menuliskan sebuah fungsi maka anda harus mengawalinya dengan tanda sama dengan “=”.
  2. Gunakan tanda kurung untuk mengapit argument yang ada dan jumlah tanda kurung buka dan kurung tutup haruslah sama.
  3. Pemisah antara argumen berupa tanda baca koma (,) atau titik koma (;) tergantung pada pengaturan yang tetapkan pada komputer anda.
  4. Dalam penulisan fungsi, maksimal 1024 karakter termasuk tanda baca sama dengan (=),tanda kurung, argument, nama fungsi, operator, dan penulisan pemisah argumen.
Tags:

Add Comment