Cara Mudah Membuat Titik-titik Daftar Isi Secara Otomatis

Membuat titik-titik daftar isi pada microsoft word merupakan masalah tersendiri bagi sebagian orang dalam menyusun suatu tulisan. Bagi kamu yang sedang membuat tugas Karya Tulis Ilmiah, Skripsi, Tesis atau tulisan lainnya tentu akan berhadapan dengan pembuatan daftar isi untuk dokumen yang telah kamu susun berlembar-lembar itu.

Ada diantara kamu yang mencari tahu cara membuat titik-titik daftar isi secara manual agar terlihat rapi dan menarik, ada juga yang mencari tahu tentang bagaimana membuat daftar isi itu sendiri secara otomatis.

Saya sendiri lebih memilih cara kedua yaitu bagaimana membuat Daftar isi secara otomatis, mengapa??? Ya… disamping mudah, cepat menghemat waktu,  akurat dan anti salah lagi. Pernahkan kamu menemukan ketidak-singkronan antara nomor halaman pada dokumen dan nomor halaman pada daftar isi?

Ya, jika membuat titik-titik daftar isi seperti cara yang pertama jelas kemungkinan itu sangat besar, karena pada dasarnya cara yang pertama adalah cara manual. Nah, hebatnya pada cara yang kedua ini halaman dan entri atau sub judul dapat di-update sesuai dengan isi dan halaman dokumen yang kamu edit.

Oke…untuk jelasnya mari kita mulai…..

Langkah satu : Pada langkah ini kamu saya anggap sudah memiliki dokumen, ooo… belum ya!!!!ok..ok…kalau begitu kita mulai dengan membuat dokumen terlebih dahulu agar isi bisa ditampilkan pada daftar isi. Struktur dokumen untuk Laporan atau karya tulis ilmiah biasanya terdiri dari:

  1. Halaman Judul
  2. Lembar Pengesahan (Heading 1)
  3. Kata Pengantar (Heading 1)
  4. Daftar Isi (Heading 1)
  5. Daftar Lampiran (Heading1 )
  6. BAB I. Judul Bab I(Heading 1)
  7. Sub Bab I. Judul sub Bab I(Heading 2)
  8. Dan seterusnya seperti terlihat pada gambar 1 berikut…..

 

membuat titik-titik daftar isi

Gambar-1. Format dokumen

 

Langkah kedua : Setelah Kamu membuat kerangka tulisan yang akan anda kerjakan seperti yang terlihat pada gambar 1 di atas, selanjutnya anda dapat mulai menulis. Namun sebelum itu lakukanlah perintah Insert page and section break untuk memisahkan setiap bagian tulisan kamu agar tidak ribet nantinya saat mengedit atau menambah halaman, dengan cara sebagai berikut:

  1. Langkah pertama letakkan kursor dibagian belakang tulisan Halaman Judul (1) seperti terlihat pada gambar dibawah ini
Penting!  Belajar MS Word Bagi Pemula ( Dasar-dasar Membuat Teks)

 

membuat titik-titik-daftar isi

Gambar-2. Memisahkan bagian antar halaman

 

  1. Pada Tab PAGE LAYOUT (2) klik menu breaks (3), lalu pilih Next Page (4), tulisan di bawahnya akan berpindah ke halaman berikutnya.
  2. Ulangi langkah 1 dan langkah 2 untuk bagian selanjutnya dari kerangka tulisan kamu

Nah sampai disini semua bagian tulisan kamu sudah terpisah, sehingga saat mengedit atau menambahkan halaman pada satu bagian menjadi lebih mudah dan tidak menggangu letak tulisan pada bagian lainnya. Kamu pasti sering mengalami saat setelah mengedit BAB I ternyata BAB II yang seharus terletak pada bagian atas halaman ternyata telah melorot ke bagian tengah halaman.

Nah dengan memisahkan setiap bagian dari tulisan kamu tidak akan mengalami hal ini lagi, waktu bisa lebih hemat plus gak tambah stres…Sekarang kamu sudah bisa menulis untuk setiap bagian yang telah di setting.

Langkah ketiga: Pada langkah ini kamu harus menentukan Heading untuk setiap judul Bab beserta sub judulnya, caranya blok atau letakkan kursor pada judul atau sub judul yang akan ditentukan Heading-nya satu persatu, contohnya pada dokumen ini saya membuat:

Bab I → menggunakan heading 1

Judul subbab I → menggunakan heading 2

Atau mungkin dokumen kamu memiliki anak subjudul Bab I gunakan heading 3, dst. Seperti gambar 3 dibawah ini:

membuat titik daftar isi

Gambar-3. Membuat heading pada judul BAB

 

Jika ingin merubah tampilan pada heading1, kamu dapat dapat melakukannya dengan:

Tab Home → grup Style →pilih tanda panah kebawah (1)→ pilih Create a Style (2)

Perhatikan kota dialog, pada:

Isi Field Name(3): Isikan nama yang kamu inginkan, misalnya saya memberi nama Style BAB untuk heading 1, lalu klik Modifiy…(4) lalu akan muncul kotak dialog lagi untuk merubah style heading yang kamu inginkan seperti gambar 4 dibawah ini:

membuat titik daftar isi

Gambar-4. Membuat style heading

 

Penting!  Cara Bekerja dan Mengedit Teks WordArt

Disini kamu dapat merubah tampilan huruf (mis; saya menggukan Times new roman 12) warna hitam(Automatic), kamu dapat melakukannya sesuai dengan keinginan…gak boleh nyotek saya terus donk…jika sudah selesai klik OK(5)…tadaaaa….tampilan BAB I nya sudah berubah…Lakukan untuk semua judul BAB.

Sekarang ulangi langkah yang sama untuk heading sub judul, silahkan kamu seleksi Judul subbab I (1) lalu pilih style Heading 2 (2), dan seterusnya seperti langkah membuat Heading 1 untuk judul BAB I, contoh seperti terlihat pada gambar 5 jika ingin merubah tampilan pada heading2, kamu dapat dapat melakukannya dengan:

 

Tab Home→ grup Style →pilih tanda panah kebawah(3)→ pilih Create a Style (4)

 

Perhatikan kota dialog, pada:

Isi Field Name (5) : Isikan nama yang kamu inginkan, misalnya saya memberi nama Style subbab1 untuk heading 2, lalu klik Modifiy… (6) lalu akan muncul kotak dialog lagi untuk merubah style heading yang kamu inginkan seperti terlihat pada gambar 5.

Disini kamu dapat merubah tampilan huruf (mis; saya menggukan Times new roman 12) warna hitam(Automatic), kamu dapat melakukannya sesuai dengan keinginan…gak boleh nyotek saya teru donk…jika sudah selesai klik OK (7)…tadaaaa….tampilan BAB I nya sudah berubah…

membuat titik daftar isi

Gambar-5. Membuat style heading sub judul

 

Ulangi langkah di atas untuk semua judul Bab dan judul subbab lainnya yang akan ditampilkan dalam daftar isi.

Ingat!!! Semua Judul dan sub judul harus diberi heading, kalau tidak….nanti tidak akan muncul di daftar isi

 

Langkah keempat: Nah…,pada langkah ini kita mulai membuat Daftar isi sekaligus membuat titik-titik daftar isi secara otomatis.

Pertama, kembali ke halaman daftar isi yang sudah disiapkan (saya sudah menyiapkannya seperti langkah membuat kerangka tulisan di awal), letakkan kursor di bawah judul DAFTAR ISI (1). Seperti gambar 6 di bawah ini:

Penting!  Mengganti Jenis Font Secara Default

 

membuat titik daftar isi

Gambar-6. Membuat daftar isi otomatis

 

Lalu…lalu apa yaa…

Ok…lalu pilih tab REFERENCE (2) → pilih Table of Contents (3) (yang terletak pada pojok sebelah kiri)→ kemudian pilih Automatic Table 2(4)….tadaaaaaaa….akhirnya apa yang kamu cari muncul juga. Daftar Isi Otomatis, titik-titik hingga halamannya otomatis, seperti gambar 7 di bawah ini:

 

membuat titik daftar isi

Gambar-7. Daftar isi otomatis

 

Ini sudah selesai  90%…..lho…kok 90% seh…Ya..iya lah…dalam perjalanan penulisan kamu nantinya kemungkinan ada perubahan-perubahan yang memungkinkan judul dan sub judul berubah, mungkin juga halaman berubah karena penambahan atau pengurangan tulisan kamu.

Nah, jika hal seperti itu terjadi dan kamu tidak melakukan apapun….Bahayaaa….daftar isi dan isi nya gak nyambung. Supaya tetap nyambung… setiap selesai mengedit tulisan kamu jangan lupa untuk meng-update daftar isi, caranya?

Begini:

Kembali ke daftar Isi yang tadi lalu klik sembarang dalam Daftar Isi (1) tersebut, lihat gambar 8, kemudian klik Update Table (2) → pada kota dialog pilih Update entire table (3). Lalukan langkah ini setiap selesai mengedit tulisan. OK (4) Beres Boss mission completed…Akhirnya selesai juga kita membuat titik-titik daftar isi otomatis…niat awalnya sih mau cari info tentang cata membuat titik-titik pada daftar isi.

 

membuat titik daftar isi

Gambar-8. Update daftar isi

 

Oya, saya hampir lupa, keliatannya ada yang bingung tuh, kalau tampilan di Daftar Isi yang saya contohkan muncul halaman format i, ii, iii… bah…, ada lagi nomor halaman setiap awal BAB berada pada posisi tengan lalu halaman berikutnya ada disamping…untuk yang satu ini ada materi tersendiri tentang bagaimana membuat/seting format nomor halaman sekaligus mengatur layout halaman…untuk menjawab kebingungan kamu saya juga sudah menyiapkan artikel tentang Cara praktis membuat nomor halaman beda format dalam satu file

Satu lagi… ada yang lupa…jika kamu masih bingung dengan tulisan saya di atas… saya juga sudah siapkan Video tutorial tentang cara membuat titik-titik daftar isi secara otomatis di bawah ini. Semoga tutorial ini bermanfaat…Kamu juga bisa melihat tutorial lainnya yang mungkin kamu butuhkan disini

Add Comment