Fungsi Logika Pada Microsoft Excel (AND dan IF)

Pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan sekilas tentang fungsi-fungsi yang tersedia pada Microsoft Excel 2013, salah satunya adalah Fungsi Logika. Pada tulisan kali ini kita akan akan membahas penggunaan dari Fungsi Logika tersebut. Kapan fungsi logika ini kita gunakan? Nah Jika anda ingin menampilkan kemungkinan hasil pada dua kondisi atau lebih fungsi ini dapat membantu anda untuk menyelesaikannya, misalnya anda ingin menampilkan ranking siswa atau urutan peringkat kelas berdasarkan akumulasi dari jumlah nilai seluruh mata pelajaran dari syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh guru.

Ok, langsung saja kita mulai dengan:

1.     Fungsi AND

Jika semua argument menghasilkan nilai benar maka fungsi ini akan menghasilkan TRUE, dan jika salah satu atau lebih argument salah maka akan menghasilkan FALSE.

Bentuk penulisan dari fungsi AND:

=AND(Logical1,Logical2,…)

Keterangan:

Logical1,logical2,… adalah kondisi yang akan diuji yang mengandung nilai logika sesuai dengan kriteria yang ditentukan pada data yang akan diuji, untuk lebih jelasnya lihat contoh berikut ini:

 

fungsi AND-1

Dari data pada ujian siswa pada sebuah SMP yang disajikan pada tabel di atas, anda ingin menampilkan dua kondisi yaitu siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan dengan “TERCAPAI” dan siswa yang tidak mencapai KKM yang telah ditetapkan dengan “TIDAK TERCAPAI” berdasarkan nilai rata-rata dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan IPS (lihat tabel di atas), Nilai KKM minimal yang ditetapkan adalah 6 dan maksimalnya adalah 10, Pada kolom “KETERANGAN”, H4, ketik: =IF(AND(G4>6,G4<10,”TERCAPAI,”TIDAK TERCAPAI”)

Ingat!: Jumlah kurung buka dan kurung tutup harus sama

Lalu anda copy-paste rumus yang ada di cell H4 ke H5:H13, agar keterangan untuk semua murid ditampilkan. Maka hasil yang ditampilkan akan seperti ini:

fungsi AND-2

2.     Fungsi IF

Fungsi IF ini digunakan untuk melakukan pengujian kebenaran suatu syarat tertentu. Jika syarat terpenuhi bernilai TRUE (kondisi benar), atau syarat tidak terpenuhi bernilai FALSE (Tidak benar), untuk lebih jelasnya perhatikan tabel berikut ini:

fungsi IF-1

Pada tabel di atas kita menambahkan kolom “NILAI HURUF” untuk mengkonversi nilai angka pada kolom “NILAI rata-rata”

PENULISAN FUNGSI UNTUK KOLOM “KETERANGAN” :

fungsi IF-2

 

PENULISAN FUNGSI UNTUK KOLOM “NILAI HURUF” :

 

fungsi IF-3

Jangan lupa, jumlah kurung buka harus sama dengan jumlah kurung tutup.

Lalu jangan lupa copy-paste cell H4 ke H5:H13 dan I5:I13, agar fungsi logika juga ditampilkan pada cell di bawahnya.

Demikianlah penggunaan Fungsi Logika AND dan IF semoga bermanfaat

No Responses

Add Comment